5 Penyebab Orang Bisa Mengalami Kematian Pada Saat Sedang Tidur

death-while-sleeping

Sering kita mendengar bahwa katanya tidur adalah wafat sementara. Namun, pernyataan itu benar atau tidak, itu tergantung anda. Orang yang sepertinya tidak ada tanda-tanda penyakit, bisa saja tiba-tiba meninggal karena rohnya meninggalkan raganya.

Sering juga kita mendengar kabar bahwa orang yang tadinya sehat mengalami kematian pada saat dia sedang tidur. Memang menyedihkan, karena kamu melihat orang tersebut kapan mulai tidur, lalu kamu melihat keesokan harinya ia sudah mati. Tentu saja sang at menyedihkan, apalagi bagi orang yan menyayanginya.

Disamping itu, sudahkah kamu tahu bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bisa tiba-tiba meninggal pada saat saat tidur? Jika belum tahu, mari kita simak ulasannya seperti yang dilansir situs Tribunnews.com tentang beberapa penyebab kematian pada saat tidur.

1. Penggumpalan darah (Embolus)

Jika terjadi penggupalan darah pada tubuh seseorang, hal ini bisa jadi salah satu penyebab orang tersebut mati pada saat sedang tertidur nyenyak. Penggumpalan darah ini dikarenakan oleh pembekuan darah yang dapat menyumbat peredaran darah yang mengalir ke orak dan juga jantung, oleh karena itu seseorang bisa wafat pada saat sedang tidur pulas.

2. Sleep Apnea

Sleep apnea artinya adalah kondisi orang pada saat sedang tidur berhenti bernafas selama kira-kira 10 sampai dengan 60. Apabila kondisi seperti ini dibiarkan, maka orang tersebut bisa meninggal.

3. Usia lanjut

Karena faktor usia lanjut, kondisi fisik seseorang semakin melemah. Hal tersebut dapat menyebabkan seseorang dapat mengalami kematian mendadak ketika sedang tidur. Semakin bertambah usia seseorang, banyak sel-sel di dalam tubuhnya mengalami kematian. Gejala yang timbul karena kematian sel-sel dalam tubuh ini adalah berkurangnya indera perasa, berat bada nyang menyusut, insomnia atau kuat tidurnya, susah menahan buang air kecil atau atau buang air besar, dan lain-lain.

4. Sudden Arrhythmia Death Syndrome (SADS)

SADS bisa menjadi faktor penyebab meninggalnya seseorang pada saat tidur secara mendadak. Setiap orang berpotensi mengalami kondisi SADS, yaitu kondisi seseorang mengalami kelainan genetic pada jantung. Ciri-ciri seseorang yang mempunyai kelainan genetic pada jantung dapat diketahui dari nafasnya yang pendek ketika sedang olahraga, mudah pingsan pada saat olahraga atau, merasa sakit di area pundak yang tak biasa, dan bisa juga karena factor genetic / keturunan.

5. Sudden Infant Death Syndrome (SIDS)

SIDS adalah singkatan dari Sudden Infant Death Syndrome. Orang yang bisa terkena SIDS adalah bayi dengan berumur 1 bulan sampai dengan 1 tahun. Faktor-faktor yang menyebabkan bayi terkena SIDS adalah gagal tumbuh, reaksi terhadap infeksi, hipertermia, hipotermia, sesak nafas, cacat lahir, dan masih banyak lagi. Untuk mencegah seorang bayi terkena SIDS bisa dilakukan dengan memposisikan bayi dengan telentang pada saat ia sedang tidur, hindari dari asap rokok dan hindari dari selimut dan bantal yang tebal.

Meninggal dunia secara tiba-tiba pada saat sedang tidur memang dapat terjadi kepada siapapun. Untuk mencegahnya, kita seharusnya mengetahui gejala-gejala yang dapat mengakibatkan kematian mendadak ketika sedang tidur.

Advertisements

One thought on “5 Penyebab Orang Bisa Mengalami Kematian Pada Saat Sedang Tidur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s