Harga Foto Hantu Ini Laku Dengan Harga Fantastis

image

Baru-baru ini, seorang fotografer terkenal bernama Andreas Gursky menggegerkan dunia seni fotografi dengan perdebatan yang cukup hangat di kalangan pecinta seni perihal foto minimalis yang dia pamerkan.

Bayangkan, hanya dengan satu jepretan foto ini mengundang banyak antusias dari para pemerhati seni photografi dengan bermacam-macam penjelasan yang mungkin membingungkan bagi orang awam di dunia fotografi. Bahkan ada berjuta-juta komentar dari orang-orang yang kagum dan penasaran di berbagai media.

Berdasarkan informasi yang didapat dari situs fotografi ternama photographytalk.com, harga foto sangat fantastis, senilai USD $6,5 juta (sekitar Rp. 8,4 milyar). Foto minimalis ini diberi judul Phantom, yang diambil oleh seorang fotografer Australia bernama Peter Lik. Menurut para pecinta fotografi, mereka beranggapan bahwa karya ini sebenarnya tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Akan tetapi, mereka menilai bahwa foto ini terlihat unik karena keindahannya dan juga karena pada saat pemotretan Peter Lik menggunakan teknologi foto yang luar biasa dengan kamera Linhof Technorama, dan objeknya juga bagus. Dengan demikian, seorang fotograper tidak terlalu mengandalkan skill dan tehnik khusus untuk bisa menciptakan karya fotografi ini. Foto minimalis ini diambil di daerah Antelope Canyon, Arizona, dan berhasil terjual di Las Vegas dengan harga yang sangat fantastis untuk karya fotografi.

Seorang fotografer ternama dan juga paling berpengaruh dalam bidang seni fotografi bernama Martin Parr memiliki tanggapan yang menarik dan membangkitkan rasa optimis. Meskipun hasil karya-karya fotografinya terjual dengan harga rata-rata tidak lebih dari USD $11.000 atau sekitar Rp. 141 juta, ia yakin bahwa dengan adanya penjualan bersejarah ini, maka hal tersebut bisa berdampak positif dalam dunia fotografi di masa yang akan datang.

Dia beranggapan bahwa semua yang mempublikasikan gagasan bahwa fotografi dapat diperjualbelikan adalah kabar baik.

Namun disamping itu, seorang kritikus terhadap karya seni bernama Jonathan Jones menanggap sinis terhadap seni fotografi. Baginya fotografi sama saja halnya dengan mencuci mobil, setiap orang bisa mempraktekkannya. Informasi yang didapat dari The Guardian, ia menilai bahwa foto Phantom kelihatannya hanya seperti poster mewah yang menghiasi kamar hotel.

“Apabila karya seperti ini dianggap paling berharga dalam dunia fotografi, kiranya Tuhan dapat menyelamatkan seni fotografi.”

Nasib foto Phantom di kemudian hari belum bisa dipastikan. Bisa jadi harga jualnya turun drastis ketika banyak orang pada akhirnya sadar bahwa hasil jepretan ini merupakan lelucon yang harganya selangit, atau mungkin juga harganya bertahan atau bahkan naik pada potensi penjualan kedua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s