7 Cara Ampuh Mengatasi Susah Tidur

image

Susah tidur pada malam hari atau disebut juga dengan Insomnia biasanya disertai dengan gangguan fungsional ketika bangun. Masalah susah tidur pada umumnya disebabkan oleh kondisi tubuh yang sedang sakit atau bisa jadi karena masalah psikologis.

Insomnia dapat berakibat buruk pada kesehatan kita, dimana jika kurang tidur dapat mengganggu fisik dan kesehatan mental. Di bawah ini adalah cara-cara ampuh yang mungkin bisa Anda terapkan pada saat Anda susah tidur pada malam hari.

1. Madu atau Gula

Dengan mengkonsumsi sedikit madu atau gula pada malam hari setengah jam sebelum waktu tidur dapat membuat ngantuk dan kualitas tidur pun jadi lebih bagus. Akan tetapi bukan berarti anda harus makan kue atau makanan yang manis-manis sebelum jam tidur.

2. Segelas Susu

Selain bengandung nutrisi tinggi, segelas susu ditambah roti yang mengandung karbohidrat bisa membantu Anda menjadi rileks dan mendapatkan kualitas tidur yang bagus. Susu mengandung zat tryptophan yang berguna bagi tubuh untuk membantu agar lebih tenang. Dengan demikian tidurpun jadi lebih gampang.

3. Aroma Relaksasi

Wewangian yang mengandung aroma relaksasi dapat membantu Anda menjadi lebih rileks di kasur. Contohnya aroma bunga Lavender. Kamu bisa memberi pewangi beraroma Lavender pada bantal atau baju tidur. Jangan kawatir, parfum sejenis pewangi kain tidak akan mengganggu pernafasan, tapi justru membuat jam tidur anda jadi lebih nyaman dan nyenyak.

4. Teh Hijau

Belakangan ini teh hijau semakin lebih dikenal dan dudah memasyarakat bahwa teh hijau sangan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain untuk kesehatan, teh hijau juga sangat dikenal sebagai obat yang sangat mujarab untuk membuat gampang tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Asam amino L-theanine yang terkandung dalam teh hijau bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

5. Jauhi Kafein Sebelum Tidur

Jika anda ingin memiliki kualitas tidur yang baik, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi minuman atau makanan berkafein paling tidak selama 4 jam sebelum jamnya tidur. Minuman atau makanan yang mengandung Kafein tinggi biasanya terdapat pada di kopi, minuman bersoda dan beberapa jenis obat-obatan.

6. Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Faktor yang paling besar kemungkinannya yang dapat membuat seseorang menjadi insomniac adalah kebanyakan tidur siang. Seseorang dengan Insomnia biasanya merasa mengantuk pada siang hari. Tidur siang selama 3-4 jam pada siang hari dapat membuat Anda susah tidur pada malam hari. Tiidur siang akan lebih baik bagi kesehatan dan lebih bagus manfaatnya jika hanya dalam jangka waktu 20-30 menit saja. Jika anda bisa mengatur jangka waktu tidur siang anda sesuai yang disarankan tadi niscaya malam hari andapun akan lebih gampang untuk tidur.

7. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Mandi bersih dengan air hangat sebelum tidur maka tubuh anda akan merasa rileks dan jauh dari bakteri yang berkembang yang bisa membuat gatal pada tubuh. Apalagi jika menggunakan pakaian segar yang disemprotkan pewangi lavender akan sangat membantu Anda untuk lebih mudah tidur pada malam hari. Air hangat juga sangat baik digunakan pada saat mandi sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s