Sekilas Tentang Seniman Henna Asal Banyuwangi

image

Henna atau adalah seni lukis tangan dengan memakai pewarna Pacar atau Mehndi. Ternyata, sangat banyak wanita menyukai Henna, terbukti dari banyaknya orang mengantri untuk mendapatkan giliran agar tangan mereka dilukis.

Salah satu daerah yang kenal dengan Henna adalah Banyuwangi. Di kota yang terletak di provinsi Jawa Timur ini ternyata sangat tinggi minat para wanita terhadap seni lukis tangan ini. Dalam satu hari, ada bekisar ratusan wanita mendatangi seniman Henna sejak awal bulan puasa sampai tanggal-tanggal setelah hari raya Lebaran Idul Fitri.

Antusias para wanita terhadap Henna terlihat ketika sangat banyak orang berbondong-bondong mengantri untuk mendapatkan giliran agar tangan mereka dilukis oleh seorang seniman Henna asal Banyuwangi yang bernama Ika Abbas Bawazier Seniman Henna ini lahir pada bulan Oktober 1988. Kemampuannya dalam melukis tangan dengan menggunakan Henna sangat mahir, terbukti dari sangat banyaknya penggemar lukisan tangannya yang datang ke tempat tinggalnya.

Jika kamu berminat dan penasaran untuk dilukiskan Henna oleh seniman Henna ini, kamu bisa berkunjung ke Banyuwangi, tepatnya di jalan Belitung No. 25, Kelurahan Lateng, Kampung Arab. Dia akrab disapa dengan Ika Henna. Kecintaannya terhadap lukisan Henna dimulai sejak dia gemar menggambar bunga dari kelas 1 SMA tahun 2004.

image

Dengan panduan buku, dia mencoba meracik tinta Henna dan menggunakan tangannya sendiri sebagai bahan praktek lukisan Henna. Dia belajar seni Henna dengan melukis tangannya sendiri. Memang awalnya agak susah, akan tetapi berkat kegemarannya dan ketekunannya dalam melukis tangannya, maka ia menjadi mahir dalam melukis tangannya sendiri. Setelah yakin akan kemampuannya, dia mulai berani untuk melukis tangan orang lain.

Setelah percaya dirinya atas kemampuan seni Henna terbangun, dia memulai menawarkan jasa melukis Henna 5 tahun kemudian dihitung sejak awal dia mulai mempraktekkan Henna pada tanggannya sendiri. Usahanya dimulai pada tahun 2009. Pada awal usahanya, dia hanya memiliki sedikit pelanggan, hannya beberapa orang setiap harinya. Akan tetapi, jumlah pelanggannya meningkat hari demi hari. Bahkan, saat ini jasa lukisan Henna buatannya mulai dikenal banyak orang, bahkan dari berbagai daerah juga ada yang datang untuk mendapatkan lukisan Henna darinya.

image

Tarif jasa Henna ala Ika ini relatif murah, untuk umum, tarifnya bekisar 10.000-20.000 rupiah per tangan, tergantung jenis gambar lukisannya. Sedangkan untuk pengantin, tarifnya berkisar  200.000- 300.000 rupiah per tangan. Penghasilannya terbilang cukup lumayan, karena di hari-hari biasa dia mendapatkan pelanggan sekitar 20 orang, dan di hari libus bisa mencapai sekitar 100 orang.

image

Sebagai tambahan, berdasarkan informasi dari berbagai sumber, di Indonesia Henna biasa dikenal dengan pacar kuku, yang adalah sejenis tanaman Lawsonia Inermis. Istilah Henna berasal dari bahasa Yunani. Berdasarkan sejarah, seni lukisan Henna sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s