10 Fakta Menarik Mengenai Kopi

kopi

Bersantai sambil menikmati minuman kopi sudah memasyarakat dan menjadi gaya hidup bagi kebanyakan orang. Khususnya pria, namun sepertinya banyak juga wanita yang mulai menyukai gaya hidup seperti tadi. Akan tetapi, tahukah kamu dari mana asal kopi atau bagaimana proses biji kopi diolah menjadi berbagai jenis minuman? Pasti lebih banyak yang tidak tahu. Nah, di bawah ini penjelasan singkat dan padat mengenai fakta-fakta menarik tentang kopi.

1. Penemu Kopi yang Pertama Adalah Kambing

Berdasarkan legenda, zaman dulu ada seorang gembala kambing di Etiopia yang penasaran mengapa sekumpulan ternak kambingnya tiba-tiba menjadi hiperaktif dan lincah setelah memakan biji-biji tanaman liar, yang sekarang dikenal dengan nama kopi. Tentunya kita semua tau menebak alasannya. Hal itu dikarenakan efek kafein dari biji kopi yang dimakan kambing-kambing tersebut.

2. Dulu Kopi Bukan Diminum, Tapi Dimakan

Tentunya masih banyak yang belum tau kalau dulu kopi merupakan makanan camilan beberapa suku di Afrika. Cara mereka memakan kopi adalah dengan melumuri biji-biji kopi dengan lemak hewan. Mereka menamai jenis hidangan ini bola energi dan mereka biasa menyantapnya dengan anggur sebagai pelengkap.

3. Terkenalnya Kopi Didukung Oleh Kebangkitan Islam

Seiring dengan semakin luasnya penyebaran agama Islam demikian juga dengan terkenalnya kopi. Oleh karena ajaran agama Islam tidak boleh minum minuman beralkohol, maka secara sengaja atau tidak sengaja para penganut Islam pun menggantinya dengan minuman yang tidak beralkohol, yang mana salah satunya adalah kopi yang paling disukai.

4. Kopi Pernah Dilarang di Inggris

Pada tahun 1675, semua rumah kopi di Inggris dilarang oleh Raja Inggris. Hal ini dikarenakan tempat-tempat tersebut dicurigai sebagai tempat perkumpulan oknum-oknum yang berkonspirasi untuk merencanakan perlawanan terhadapnya.

5. Kopi Arabica Lebih Disukai Penikmat Kopi

Faktanya sebagian besar penggemar minuman kopi lebih menyukai kopi jenis Arabica. Selain rasanya lebih ringan, aromanya juga lebih nikmat. Persentase penikmat kopi Arabica ada sebanyak 70 persen dan sisanya lebih menyukai dan menikmati kopi Robusta. Rasa kopi Robusta lebih pahit dibanding kopi Arabica dan mengandung kaffeine 50 persen lebih banyak jika dibandingkan dengan kopi Arabica.

6. Kopi Metupakan Komoditas Kedua yang Terbanyak Diperjual-belikan

Selain dari sisi kesehatan dan gaya hidup, kopi juga menhadi komoditas yabg terbanyak kedua diperdagangkan. Hal ini menunjukkan bahwa kopi selain diminati oleh banyak orang, juga menjadi objek bisnis yang menggiurkan. Banyak petani yang berminat untuk nenanam kopi karena harga jualnya stabil dan terbilang lumayan.

7. Kopi Instan Diciptakan oleh George Washington

Jika kamu mendengar nama George Washington, yang timbul di bensk kamu pasti seorang mantan presiden Amerika Serikat. Tapi terkecoh dulu, yang dimaksud di sini bukan George Washington presiden pertama Amerika Serikat, tapi seorang asal Belgia yang memiliki nama yang sama. Pada saat dia tinggal di daerah Guatemala dia punya ide membuat kopi instan dan mulai menjualnya sekitar setahun kemudian pada saat dia pindah ke Amerika. Dia menemukan ide dan membuat kopi instan pada tahun 1906.

8. Kenapa Espresso Jauh Berbeda Dengan Minuman Kopi yang Lain?

Sebagian orang mengura bahwa Espresso adalah salah satu dari sekian banyak jenis biji kopi atau bahan pelezat yang di campur pada minuman. Padahal bukan, melainkan Espresso merupakan tehnik unik bagaimana minuman kopi dibuat. Kopi ditekan pada wadah yang bulat sampai padat, pada saat ditekan air panas 95 derajat dituang ke dalamnya. Kemudian, hasil tetesan kopi tersebutlah yang dinamakan dengan sebutan Espreso. Dengan berbagai eksperimen untuk menciptakan minuman unik dan nikmat, Espreso banyak digunakan sebagai campuran berbagai jenis minuman. Pasangan yang sering dicampurkan dengan Espreso adalah sirup coklat, susu dan whipped cream, alhasil banyak minuman unik yang nikmat berhasil diciptakan, contohnha kopi Mocha, Cafe Latte, dan Cappucino.

9. Minuman Americano

Kata Americano mulai ada berawal pada saat pasukan GI Amerika berperang di PD 2, di mana mereka sering memesan kopi Espresso dan mencampur dengan air lebih banyak dari biasanya. Hal teesebut dilakukan agar rasanya tidak terlalu keras. Selain itu, muncul juga suatu stilah “a cup of Joes” yang dikususkan untuk gelar tak resmi bagi pasukan Amerika pecandu berat minuman kopi.

10. Kafein Pada Kopi Membuat Kita Jadi Susah Tidur

Otak kita memiliki bagian yang menerima Adenosine. Ketika bagian tersebut bertemu dengan Adenosine maka kita akan mengantuk. Sedangkan ketika kita minum kopi, kafein yang terdapat pada kopi tersebut menempel pada penerima Adenosine tersebut, sehingga ruang bagi Adenosine semakin sempit. Pada saat ini terjadi, maka otak kita memerintah kelenjar adrenal untuk memproduksi adrenaline. Kafein juga menaikkan tingkat dopamine yang mengakibatkan kita susah ngantuk yang disebabkan oleh metabolisme tubuh yang kembali aktif.

Advertisements

One thought on “10 Fakta Menarik Mengenai Kopi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s