Tips Agar Anda Lebih Fotogenic Saat Berfoto Close Up

Kita berfoto close-up biasanya hasil fotonya digunakan untuk berbagai keperluan, bisa jadi untuk keperluan foto profile, pajangan dinding, atau keperluan-keperluan resmi yang lainnya. Agar foto close-up kita tampak keren, tentu ada trik khusus.  Dalam fotograpi, khususnya berfoto close-up wajah, jika kamu kurang paham triknya maka gambar foto yang dihasilkan tidak sebagus yang anda harapan. Seorang fotografer profesional bernama Peter Hurley membagikan tips sederhana bagaimana cara memotret close-up wajah agar menghasilkan gambar foto yang tampak bagus untuk dilihat, atau disebut juga dengan istilah “fotogenic“.

Menurut Hurley, cara yang cukup sederhana untuk memotret kliennya agar hasil foto yang lebih keren yaitu dengan cara memperkuat garis dagu orang yang dipotret. Contohnya, jika kamu sedang berfoto close-up wajah, ataupun sedang memotret close-up wajah orang lain, aturlah raut wajah kamu atau wajah orang yang hendak kamu potret, agar sedikit condong ke depan ketika hendak berpose headshot, dan posisi wajah bagian bawah, yaitu dagu, agar diatur tidak menempel atau bersandar ke leher untuk menghasilkan foto wajah dengan lipatan dagu yang tidak terlihat terlalu kentara.

close-up-photo-1.jpg

Coba perhatikan foto-foto close-up di bawah ini. Peter Hurley memotret mereka dengan hasil foto dimana garis dagu mereka tampak lebih kuat dan jelas, yang mana dari kiri ke kanan mereka terlihat lebih ganteng atau cantik hanya dengan mengatur garis dagu mereka sedemikian rupa.

close-up-tips photogenic-photo-taking-tips

Masih ada beberapa tips memotret close-up wajah yang lainnya yang dibagikan oleh Digestposts (close-up photo taking tips). Kamu juga bisa mempraktekkannya, karena memang cukup sederhana.

fotogenic-artist-closeup

1. Apabila orang yang akan dipotret berkepala botak, lebih bagus hasilnya jika dipotret dari sudut yang rendah dengan posisi kamera sedikit mendongak ke arah atas, kemudian jika kamu memanfaatkan “lighting” atau pencahayaan tambahan, aturlah sedemikian rupa agar sumber cahaya tidak memantul di kepala orang yang hendak dipotret tersebut.

2. Wajah yang memiliki kerutan atau jerawat yang banyak, arahkanlah sumber cahaya dari depan, jangan dari arah samping. Jika sumber cahaya diarahkan dari samping, maka bentuk kerutan pada wajahnya akan terlihat sangat jelas.

3. Untuk memotret wajah yang memiliki telinga besar, buatlah posisi wajah agar telinga yang terpotret hanya satu dan sebaiknya telinga yang tampak tersebut tidak terlihat menonjol.

4. Untuk memotret orang yang memiliki hidung pesek, hasil fotonya akan lebih bagus jika dipotret dari depan. Untuk itu aturlah posisi wajahnya agar pandangannya lurus ke arah depan.

5. Untuk memotret orang yang memiliki pipi tembem, buatlah posisi wajahnya agar menghadap miring ke kiri atau kanan, tapi jangan terlalu miring kesamping, serong sedikit saja sudah cukup.

Demikianlah tips sederhana agar kamu atau orang yang akan dipotret tampak lebih fotogenic saat berfoto close-up. Jika kamu juga punya saran tips berfoto close-up lainnya, ada boleh bagikan di kolom komentar di bawah ini. Semoga tips berfoto close up ini bermanfaat buat kamu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s