15 Foto Seram dari Kota Hantu Dekat Gunung Sinabung

kota-hantu-sinabung-1Apa yang akan kamu ambil jika kamu harus meninggalkan atau mengungsi dari rumah kamu dan tidak akan pernah kembali? Sejak 2010, gunung berapi Sinabung telah mengancam wilayah Karo di Sumatera Utara, Indonesia, yang berkali-kali memuntahkan awan gas beracun dan lahar setinggi 13.000 kaki ke udara.

Letusan gunung yang tak terduga pada tahun 2014 – setelah Gunung Sinabung tertidur selama hampir 400 tahun – mengakibatkan kematian 16 penduduk setempat dan memaksa kurang-lebih 31.000 penduduk di sekitarnya mengevakuasi dengan sedikit peringatan.

Andri Tambunan, seorang fotografer atau dokumenter profesional dari Indonesia yang karyanya berfokus pada isu-isu sosial dan lingkungan, melakukan perjalanan ke wilayah tersebut untuk melihat kota-kota hantu Sinabung untuk dirinya sendiri dan untuk menemukan barang-barang yang ditinggalkan oleh penduduk setempat yang terpaksa melarikan diri dari kehancuran yang akan datang.

Andri berbagi cerita tentang kejadian di sekitar Gunung Sinabung dan bagaimana perjalanannya ke wilayah tersebut dimulai:

Gunung Sinabung adalah satu dari 120 gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Area yang 11 Kilometer dari sekitar gunung berapi dengan ketinggian 8.070 kaki tersebut dinyatakan oleh pemerintah terlalu berbahaya untuk didiami. Lebih dari 30.000 orang yang tinggal di desa sekitar harus mengungsi dan meninggalkan rumah dan barang-barang mereka untuk keamanan. Sebagian besar penduduk desa belum kembali.

Salah satu hal yang Andri jelajahi dalam rangkaian foto-foto berikut adalah konsep jejak keberadaan kita. Sambil menjelajahi banyak rumah kosong di kota-kota hantu tersebut, dia menemukan sangat banyak barang pribadi tertinggal seperti foto, pakaian, buku, dan lain-lain, yang memberi dia gambaran sekilas tentang kehidupan mantan penduduk tersebut. Juga, hal tersebut menimbulkan pertanyaan mengapa beberapa ditinggalkan sementara yang lainnya diambil. Beberapa foto juga berfokus pada konsep waktu dan bagaimana kota-kota hantu tersebut membeku dan juga lapuk oleh waktu.

kota-hantu-gunung-sinabung-2Gambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-3Gambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-4Gambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-5Gambar: Andri Tambunan

Foto-foto tersebut mulai diambil Andri dari sebuah kota bernama Sukanalu. Dia menemukan kota Sukanalu sambil mencari kota lain bernama Simacem. Ternyata, Simacem sudah ditelan bumi dari letusan terakhir Gunung Sinabung.

Andri tertarik untuk memotret barang-barang pribadi yang ditinggalkan di rumah-rumah kota yang ditinggalkan tersebut. Namun, dia menemukan bahwa dalam banyak momentum, alam telah merebut kembali sisa-sisa eksistensi manusia. Misalnya, gambar favorit Andri yang menunjukkan meja lapuk berlapis lumut, karena sesuatu yang telah ditinggalkan dan terlupakan telah memberi ekosistem yang sempurna bagi suatu jenis tanaman untuk berkembang.

Orang lain mungkin melihat foto tersebut dari sudut pandang yang berbeda dengan, tetapi Andri menyukai keberbedaan sudut pandang tersebut karena hal tersebut terbuka untuk interpretasi. Akan tetapi, jika dia boleh bertanya kepada setiap orang yang melihat foto-foto yang dia abadikan tersebut ; “Apa saja yang akan Anda ambil jika Anda harus meninggalkan rumah Anda dan tidak akan pernah kembali?

Untuk proyek pribadi Andri Tambunan yang berikutnya, di bulan Agustus ini, dia ingin melanjutkan tema ini dalam bentuk yang berbeda mengenai bagaimana kita akan diingat setelah lama kita berada dalam konteks kematian dan kenangan.

meja-lapuk-kota-hantu-gunung-sinabungGambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-6Gambar: Andri Tambunan

 

penduduk-setembat-sekitar-gunung-sinabungGambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-7Gambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-8Gambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-9Gambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-10Gambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-11Gambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-12Gambar: Andri Tambunan
kota-hantu-gunung-sinabung-13Gambar: Andri Tambunan

 

Untuk melihat karya Andri Tambunan yang lainnya, silahkan kunjungi andritambunan.com, atau follow Instagramnya disini @andritambunan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s